Featured Post
PELAPORAN PROFIL TARAF SERAP DATA EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Apa kabar sobat, berjumpa lagi bersama kami dalam postingan tentang pelaporan profil taraf serap data evaluasi hasil belajar siswa. Di sini akan dipaparkan juga mengenai peran penting penilaian dalam kegiatan pembelajaran, isi kurikulum merdeka belajar- kampus merdeka, dan pentingnya pelaporan data evaluasi hasil belajar siswa.
Peran Penting Penilaian dalam Kegiatan Pembelajaran
Penilaian sangat penting dalam kegiatan pembelajaran sebab
melalui penilaian itu sendiri maka proses dan hasil belajar yang dilaksanakan
oleh guru dapat diukur. Melalui proses pengumpulan dan pengolahan informasi
dari penilaian maka pencapaian hasil belajar peserta didik akan diketahui.
Sehingga penilaian yang dilakukan oleh pendidik secara berkelanjutan dapat
membantu memantau proses dan kemajuan belajar peserta didik serta meningkatkan
efektivitas pembelajaran. Ditambah lagi, hasil penilaian yang diperoleh sangat
penting untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan belajar sebagai tindak lanjut
untuk perbaikan pembelajaran. Dengan adanya penilaian maka data sebagai
informasi sudah atau belum berhasilnya peserta didik mencapai suatu kompetensi
dapat diketahui.
Isi Kurikulum
Merdeka Belajar-Kampus Merdeka terkait dengan evaluasi pembelajaran di Sekolah
Dasar
Isi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka terkait dengan
evaluasi pembelajaran di Sekolah Dasar meliputi pokok pikirian tentang
pelaksanaan USBN dan penggantian pelaksanaan UN.
1. Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)
USBN akan diubah bentuk dan format penilaiannya.
USBN akan diganti dengan ujian (asesmen) yang diselenggarakan oleh sekolah.
Ujian untuk menilai kompetensi siswa dapat dilakukan dalam bentuk tes tertulis
dan/atau bentuk penilaian lain yang lebih komprehensif, seperti portofolio dan
penugasan seperti tugas kelompok, karya tulis, dan lain sebagainya. Keterkaitan
yang lain guru dan sekolah lebih merdeka dalam menilai hasil belajar
siswa.(Kompas:2019)
2. UN (Ujian Nasional)
UN akan digantikan dengan penerapan kebijakan
Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. UN akan dilakukan pada siswa
yang berada di tengah jenjang sekolah. Untuk jenjang sekolah dasar
pelaksanaanya pada kelas 4. Sehingga mendorong guru dan sekolah untuk
memperbaiki mutu pembelajaran.(Kompas: 2019).
Oleh karenaya dalam era merdeka belajar diharapkan kondisi
siswa bisa mencapai tujuan pendidikan melalui evaluasi yang merdeka.
Kemerdekaan evaluasi yang dimaksud adalah adanya rasa senang dan nyaman dari
guru dan siswa dalam kegiatan evaluasi. Selain itu, guru memiliki kebebasan
melakukan evaluasi yang dilaksanakan berdasarkan kompetensi profesi
keguruannya. Sementara bagi siswa, kemerdekaan evaluasi ialah evaluasi yang
mampu mengembangkan potensi peserta didik, sesuai tujuan pendidikan.
Pentingnya
pelaporan evaluasi hasil belajar
Pelaporan evaluasi hasil belajar sangatlah penting karena
menjadi sarana komunikasi antara sekolah, peserta didik dan orang tua dalam
upaya mengembangkan dan menjaga hubungan kerja sama yang harmonis. Pelaporan
hasil penilaian tesebut bagi peserta didik untuk mendapatkan konfirmasi
penguatan dan maupun revisi penyempurnaan terhadap hal-hal yang ia lakukan
selama pembelajaran. Guru untuk mendapat umpan balik terhadap pembelajaran yang
telah dilakukan. Pihak sekolah untuk mengetahui mutu pembelajaran yang telah
dilaksanakan guru-guru. Dan juga orang tua sebagai stake holder dari jasa yang
ditawarkan sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan. Sedangkan untuk pemakai
lulusan maka akan berguna dalam mencari pekerjaan dan mencari kelanjutan studi
ke jenjang yang lebih tinggi.
Contoh :
TABEL PELAPORAN PROFIL TARAF SERAP DATA EVALUASI HASIL BELAJAR KELAS V SD
A. Sumber Data
Nilai dari 10 siswa kelas V SD pada berbagai mata pelajaran adalah sebagai berikut:
Bahasa Indonesia : 6, 6, 8, 7, 8, 8, 7, 6, 7, 7.
Matematika : 6, 4, 6, 5, 4, 4, 3, 4, 5, 5.
IPA : 7, 6, 7, 6, 7, 6, 7, 6, 7, 6.
IPS : 6, 8, 7, 6, 6, 6, 8, 8, 8, 8.
Bahasa Daerah : 6, 5, 7, 6, 6, 5, 7, 6, 7, 5.
B. Tabel Pelaporan Profil Taraf Serap
No | Muatan Pelajaran | Banyaknya Siswa yang Memperoleh Nilai | Rata- Rata | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | |||
1 | Bahasa Indonesia |
|
|
|
|
| 3 | 4 | 3 |
|
| 7 |
2 | Matematika |
|
| 1 | 4 | 3 | 2 |
|
|
|
| 4,6 |
3 | IPA |
|
|
|
|
| 5 | 5 |
|
|
| 6,5 |
4 | IPS |
|
|
|
|
| 4 | 1 | 5 |
|
| 7,1 |
5 | Bahasa Daerah |
|
|
|
| 3 | 4 | 3 |
|
|
| 6 |
Dengan adanya informasi
tersebut, mudah-mudahan dapat
meringankan sobat dalam menyelesaikan penugasan yang diberikan oleh dosen. Demikian
yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas
kunjungannya.
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar