Featured Post

BERLITERASI DIGITAL AGAR BIJAK MENGHADAPI MODUS KEJAHATAN SIBER PERBANKAN

Gambar
Perkembangan teknologi telah merambah ke hampir semua sektor kehidupan masyarakat. Tentunya membawa dampak besar bagi masyarakat Indonesia. Perubahan ini terlihat dari peningkatan kemampuan masyarakat dalam mengakses informasi melalui media yang lebih beragam dari sebelumnya. Berbagai isu dan kasus seputar masyarakat digital semakin banyak muncul dan memperkuat pengaruh-pengaruh nyata dari revolusi digital bagi kehidupan sehari- hari. Kehadiran teknologi tidak hanya menghasilkan efisiensi, tetapi juga menyuguhkan ancaman bagi umat manusia. Kemunculan istilah siber mengarah pada keamanan global atas teknologi digital. Hampir setiap aspek kehidupan manusia dan instalasi penting pemerintah sekarang terdigitalisasi, sehingga jangkauan serangan siber menjadi lebih luas. Hal ini menunjukkan bahwa serangan siber dapat menyebabkan baik kerusakan fisik maupun nonfisik dalam skala besar. Terdapat empat pilar dalam literasi digital versi Kominfo yaitu cakap digital, etika digital, budaya digita

Isi Permendikbud No. 23 tahun 2016 dan Panduan Penilaian SD Tahun 2016

Permendikbud No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Kurikulum 2013 dan Panduan Penilaian SD Tahun 2016. 
Penilaian kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara autentik. Penilaian autentik merupakan sebuah penilaian yang dilakukan secara menyeluruh pada setiap aspek pembelajaran dalam Kurikulum 2013. 
Otentik atau autentik berarti dapat dipercaya,asli, nyata, valid, atau reliabel. Sedangkan penilaian otentik berarti penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses, dan keluaran (output) pembelajaran. Penilaian otentik harus mencerminkan masalah dunia nyata, bukan dunia sekolah. Penilaian otentik menggunakan berbagai cara dan kriteria holistik kompetensi utuh merefleksikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Penilaian otentik tidak hanya mengukur apa yang diketahui oleh peserta didik, tetapi lebih menekankan mengukur apa yang dapat dilakukan oleh peserta didik.                               

 A. Bagan Penilaian Sikap Sosial

Bagan Penilaian Sikap Sosial
Bagan Penilaian Sikap

B. JURNAL PENILAIAN SIKAP SOSIAL 

Nama Sekolah      : SDN Giling 03

Kelas/ Semester    : VI / Semester II

Tahun pelajaran     : 2020/2021

No

Waktu

Nama Peserta

Didik

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

1.

06/05/2021

Bintang Pratama

Menemukan uang di lingkungan sekolah dan menyerahkan kepada guru kelasnya

Jujur

 

Chalya Azzahwa

Mengerjakan sendiri tugas yang diberikan

guru

 

Kellendio Arsenio

Mengakui belum menyelesaikan tugas karena tertidur

 

Meisya Rahmawati

Mengembalikan pensil temannya dengan cara dilempar

Santun

 

 

Septya Kirana

Terlambat datang ke sekolah

Disiplin

 

2.

07/05/2021

Bintang Pratama

Meminta maaf karena lupa membawa buku LKS

Jujur

 

Chalya Azzahwa

Datang ke sekolah paling awal

Disiplin

 

Kellendio Arsenio

Tidak menghormati orang lain yang sedang berpendapat

Santun

 

 

Meisya Rahmawati

Mengucapkan terima kasih  apabila menerima bantuan  dari teman.

 

Septya Kirana

Mengajukan diri untuk mengerjakan soal di papan tulis.

 

Percaya Diri

 

3.

08/05/2021

Bintang Pratama

Membantu siswa lain yang tidak paham materi pembelajaran

Peduli

 

Chalya Azzahwa

Berbicara kasar saat temannya meminta tolong

Santun

 

 

Kellendio Arsenio

Berbicara dengan lancar dan lantang saat menjelaskan kepada temannya

Percaya Diri

 

Meisya Rahmawati

Gaduh saat pembelajaran di kelas

Disiplin

 

Septya Kirana

Terlambat datang ke sekolah

 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah-langkah Dalam Menganalisis Relevansi Buku Guru dan Buku Siswa

LAPORAN SURVEI KEWIRAUSAHAAN TOKO KELONTONG

Sintaks dan Skenario Pembelajaran Metode Membaca dan Menulis Permulaan (MMP)