Featured Post
Contoh Alat Evaluasi dan Instrumentnya
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Selamat datang di blog kami, sobat. Kali ini kami paparkan contoh alat evaluasi dan instrumentnya. Informasi ini diharapkan dapat meringankan sobat dalam menyelesaikan penugasan yang diberikan oleh dosen.
Contoh alat evaluasi dan instrumentnya yang akan disajikan meliputi penilaian pengetahuan, penilaian sikap, dan penilaian keterampilan. Berikut adalah contoh alat evaluasi bagi guru dan calon guru beserta instrumen yang lengkap. Dilengkapi juga dengan instrument penilaian.
Alat Evaluasi Kelas VI Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1
Penilaian
Pengetahuan Peserta Didik
Nama |
|
No.
Abs |
|
Nama
Satuan Pendidikan :
Tema
8 : Bumiku
Subtema1 : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
Pembelajaran
ke- : 1
Mata
Pelajaran : IPA dan
Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester : VI/ II
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan
Jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut dengan benar!
Bahasa Indonesia
KD 3.7
Bacalah
teks berikut dan jawablah pertanyaan di bawahnya!
Terjadinya Siang dan Malam
Setiap
hari kita mengalami perputaran siang dan malam dan seringkali kita hanya menjalani
aktivitas kita tanpa pernah ingin tahu bagaimana prosesnya. Proses terjadinya
siang dan malam merupakan fenomena alam abadi yang dialami oleh makhluk hidup
yang tinggal di atas planet yang dinamakan bumi. Dari atas bumi, kita mengalami
waktu siang pada saat matahari terlihat dan malam menandakan ketidakhadiran
matahari di langit.
1. Apa judul bacaan di atas?
Jawab:
2. Sebutkan informasi penting apa yang dapat kamu peroleh dari bacaan di
atas?
Jawab:
IPA KD 3.8
3.
Apa yang dimaksud dengan rotasi Bumi?
Jawab:
4.
Mengapa
ada daerah Bumi yang terang dan gelap ?
Jawab:
KUNCI JAWABAN
No. Soal |
Mupel |
Jawaban |
Skor |
1 |
Bahasa
Indonesia |
Terjadinya Siang dan Malam |
10 |
2 |
Bahwa proses terjadinya siang dan malam
merupakan fenomena alam yang
terjadi diatas planet yang bernama bumi Alternatif
jawaban lain : Bumi mengalami waktu siang pada saat
matahari terlihat dan malam dan malam ketika matahari tidak terlihatdi langit.
|
10 |
|
3 |
IPA |
Rotasi bumi adalah gerakan bumi mengelilingi sumbu/poros. |
10 |
4 |
Karena daerah bumi yang terang
tersebut mendapat pancaran sinar/cahaya matahari. Sedangkan pada daerah bumi yang gelap tersebut tidak mendapat
sinar/cahaya matahari. |
10 |
Lembar Penilaian
Diri Peserta Didik (Sikap Spiritual dan Sosial)
TEMA
8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KELAS VI SEMESTER II
Nama siswa :
Kelas : VI
Tanggal :
Petunjuk:
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya : apabila peserta didik menunjukan
perbuatan sesuai aspek pengamatan.
Tidak : apabila peserta didik tidak menunjukan
perbuatan sesuai aspek pengamatan.
No |
Sikap yang diamati |
Kriteria |
|
Ya |
Tidak |
||
1 |
Saya selalu berdoa sebelum dan
sesudah beraktivitas |
|
|
2 |
Saya patuh dalam
melaksanakan ajaran agama yang saya anut |
|
|
3 |
Saya tidak pernah mengeluh ketika mengerjakan tugas |
|
|
4 |
Saya mengerjakan tugas dengan mandiri |
|
|
5 |
Saya gemar membaca buku
pelajaran |
|
|
6 |
Saya melaksanakan tanggun jawab
selama dirumah |
|
|
7 |
Saya tertib dalam melaksanakan
tugas |
|
|
8 |
Saya mengumpulkan tugas tepat
waktu |
|
|
9 |
Saya membantu orang tua selama
dirumah |
|
|
10 |
Saya melaksanakan kewajiban
selama dirumah |
|
|
Jumlah |
|
|
Mengetahui, Orangtua |
|
Nama Siswa |
Petunjuk
Penskoran
Jawaban Ya
diberi skor 1, dan jawaban tidak diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus : Skor yang diperoleh x 100 = Skor akhir
Skor Total
Peserta didik
memperoleh nilai :
Sangat baik : apabila
memperoleh skor 86-100
Baik : apabila memperoleh skor 71-85
Cukup : apabila memperoleh skor 61- 70
Kurang : apabila memperoleh skor kurang
dari 60
Penilaian
Keterampilan Peserta Didik
Nama
Satuan Pendidikan :
Tema
8 : Bumiku
Subtema1 : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
Pembelajaran
ke- : 1
Mata
Pelajaran : IPA dan
Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester : VI/ II
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan
IPA KD 3.8
TES
PRAKTIK
TEMA
8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 MUPEL IPA
Kelas/ Semester |
VI/
II |
Kurikulum |
2013 |
Kompetensi
Dasar |
4.8 Membuat model gerhana Bulan dan gerhana Matahari. |
Materi |
Gerhana
Bulan dan Gerhana Matahari |
Indikator
|
4.8.1 Membuat model/ tiruan terjadinya gerhana bula secara benar. 4.8.2 Membuat model/ tiruan terjadinya gerhana matahari secara benar. |
Lembar
Kerja Peserta Didik
A. Alat dan
Bahan
1) Bola bekel/berukuran kecil
2) Bola kasti/ plastik
berukuran sedang
3) Lampu senter
B. Cara Kerja
Gerhana bulan
1.
Siapkan
alat dan bahan yang dibutuhkan ( senter, bola plastic sedang, bola bekel).
2.
Susun ketiga benda tersebut pada permukaan yang datar di
sebuah ruang gelap secara tegak lurus dengan posisi bola plastic besar berada
diantara senter dan bola bekel.
3.
Nyalakan lampu senter, dan amati proses terjadinya gerhana
bulan.
Gerhana matahari
1.
Siapkan
alat dan bahan yang dibutuhkan ( senter, bola kasti, bola bekel).
2.
Susun ketiga benda tersebut pada permukaan yang datar di
sebuah ruang gelap secara tegak lurus dengan posisi bola bekel berada diantara
senter dan bola kasti.
3.
Nyalakan lampu senter, dan amati proses terjadinya gerhana
matahari.
Deskripsikan hasil pengamatanmu! |
Buatlah prediksi: Apa yang akan
terjadi apabila penduduk bumi berada pada bayangan umbra? Dan apa yang akan
terjadi apabila penduduk bumi berada pada bayangan panumbra? |
Presentasikan hasil pengamatanmu dalam
bentuk video! |
Instrument Tes Praktik
No. |
Indikator |
Hasil Penilaian |
||
3 (baik) |
2 (cukup) |
1 (kurang) |
||
1 |
Menyiapkan alat dan bahan |
|
|
|
2 |
Deskripsi pengamatan |
|
|
|
3 |
Menafsirkan persitiwa yang akan terjadi |
|
|
|
4 |
Melakukan praktik |
|
|
|
5 |
Mempresentasikan hasil praktik |
|
|
|
|
Jumlah Skor yang Diperoleh |
|
Rubrik
Penilaian Proyek
No |
Indikator |
Rubrik |
1 |
Menyiapkan alat dan
bahan |
3.
Menyiapakan seluruh alat dan bahan yang diperlukan 2.
Menyaiapkan sebagian alat dan bahan yang diperlukan. 1.
Tidak menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan |
2 |
Deskripsi Pengamatan |
3.
Memperoleh deskripsi hasil pengamatan secara lengkap sesuai dengan prosedur
yang ditetapkan. 2.
Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur
yang ditetapkan. 1.
Tidak memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan
prosedur yang ditetapkan. |
3 |
Menafsirkan
peristiwa yang akan terjadi |
3.
Mampu memberikan penafsiran benar secara substantif. 2.
Mampu memberikan penafsiran kurang benar secara substantif. 1.
Tidak mampu memberikan penafsiran benar secara substantif. |
4 |
Melakukan
praktik |
3.
Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada. 2.
Mampu melakukan praktik dengan menggunakan sebagian prosedur yang ada. 1.
Tidak mampu melakukan praktik dengan menggunakan prosedur yang ada. |
5 |
Mempresentasikan |
3.
Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa
mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri. 2.
Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa
mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri. 1.
Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa
sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri. |
|
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus : Skor yang diperoleh x 100 = Skor akhir
Skor Total
No.
Absen |
Nama
Siswa |
Penilaian |
Nilai (Skala
100) |
|
Skor
Maksimum(15) |
Skor
yang Diperoleh |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar