Featured Post

BERLITERASI DIGITAL AGAR BIJAK MENGHADAPI MODUS KEJAHATAN SIBER PERBANKAN

Gambar
Perkembangan teknologi telah merambah ke hampir semua sektor kehidupan masyarakat. Tentunya membawa dampak besar bagi masyarakat Indonesia. Perubahan ini terlihat dari peningkatan kemampuan masyarakat dalam mengakses informasi melalui media yang lebih beragam dari sebelumnya. Berbagai isu dan kasus seputar masyarakat digital semakin banyak muncul dan memperkuat pengaruh-pengaruh nyata dari revolusi digital bagi kehidupan sehari- hari. Kehadiran teknologi tidak hanya menghasilkan efisiensi, tetapi juga menyuguhkan ancaman bagi umat manusia. Kemunculan istilah siber mengarah pada keamanan global atas teknologi digital. Hampir setiap aspek kehidupan manusia dan instalasi penting pemerintah sekarang terdigitalisasi, sehingga jangkauan serangan siber menjadi lebih luas. Hal ini menunjukkan bahwa serangan siber dapat menyebabkan baik kerusakan fisik maupun nonfisik dalam skala besar. Terdapat empat pilar dalam literasi digital versi Kominfo yaitu cakap digital, etika digital, budaya digita

Contoh Alat Evaluasi dan Instrumentnya

Selamat datang di blog kami, sobat. Kali ini kami paparkan contoh alat evaluasi dan instrumentnya. Informasi ini diharapkan dapat meringankan sobat dalam menyelesaikan penugasan yang diberikan oleh dosen.

Contoh alat evaluasi dan instrumentnya yang akan disajikan meliputi penilaian pengetahuan, penilaian sikap, dan penilaian keterampilan. Berikut adalah contoh alat evaluasi bagi guru dan calon guru beserta instrumen yang lengkap. Dilengkapi juga dengan instrument penilaian.


Alat Evaluasi Kelas VI Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1

Penilaian Pengetahuan Peserta Didik

Nama

 

No. Abs

 

 

Nama Satuan Pendidikan : 

Tema 8                             : Bumiku

Subtema1                        : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya

Pembelajaran ke-             : 1

Mata Pelajaran                 : IPA dan Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester               : VI/ II

Alokasi Waktu                : 1 x Pertemuan


Jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut dengan benar!

Bahasa Indonesia KD 3.7

Bacalah teks berikut dan jawablah pertanyaan di bawahnya!


Terjadinya Siang dan Malam

            Setiap hari kita mengalami perputaran siang dan malam dan seringkali kita hanya menjalani aktivitas kita tanpa pernah ingin tahu bagaimana prosesnya. Proses terjadinya siang dan malam merupakan fenomena alam abadi yang dialami oleh makhluk hidup yang tinggal di atas planet yang dinamakan bumi. Dari atas bumi, kita mengalami waktu siang pada saat matahari terlihat dan malam menandakan ketidakhadiran matahari di langit.

1. Apa judul bacaan di atas?

     Jawab:

2.  Sebutkan informasi penting apa yang dapat kamu peroleh dari bacaan di atas?

Jawab:

IPA KD 3.8

3.    Apa yang dimaksud dengan rotasi Bumi?

Jawab:

4.    Mengapa ada daerah Bumi yang terang dan gelap ?

Jawab:

KUNCI JAWABAN

No. Soal

Mupel

Jawaban

Skor

1

Bahasa Indonesia

Terjadinya Siang dan Malam

 

10

2

Bahwa proses terjadinya siang dan malam merupakan fenomena alam yang terjadi diatas planet yang bernama bumi

Alternatif jawaban lain :

Bumi mengalami waktu siang pada saat matahari terlihat dan malam dan malam ketika matahari tidak terlihatdi langit.

 

10

3

IPA

Rotasi bumi adalah gerakan bumi mengelilingi sumbu/poros.

10

4

Karena daerah bumi yang terang tersebut mendapat pancaran sinar/cahaya matahari. Sedangkan pada daerah bumi yang gelap tersebut tidak mendapat sinar/cahaya matahari.

10

 

  

Lembar Penilaian Diri Peserta Didik (Sikap Spiritual dan Sosial)

TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KELAS VI SEMESTER II

Nama siswa                 :

Kelas                           : VI

Tanggal                       :

Petunjuk: Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

Ya       : apabila peserta didik menunjukan perbuatan sesuai aspek pengamatan.

Tidak   : apabila peserta didik tidak menunjukan perbuatan sesuai aspek pengamatan.

No

Sikap yang diamati

Kriteria

Ya

Tidak

1

Saya selalu berdoa sebelum dan sesudah beraktivitas

 

 

2

Saya patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang saya anut

 

 

3

Saya tidak pernah mengeluh ketika mengerjakan tugas

 

 

4

Saya mengerjakan tugas dengan mandiri

 

 

5

Saya gemar membaca buku pelajaran

 

 

6

Saya melaksanakan tanggun jawab selama dirumah

 

 

7

Saya tertib dalam melaksanakan tugas

 

 

8

Saya mengumpulkan tugas tepat waktu

 

 

9

Saya membantu orang tua selama dirumah

 

 

10

Saya melaksanakan kewajiban selama dirumah

 

 

Jumlah

 

 

 

         Mengetahui,      

        Orangtua                         


 

 

Nama Siswa

 

   

Petunjuk Penskoran

Jawaban Ya diberi skor 1, dan jawaban tidak diberi skor 0

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus : Skor yang diperoleh   x 100  = Skor akhir

                                                                                 Skor Total                                                                     

Peserta didik memperoleh nilai :

Sangat baik : apabila memperoleh skor 86-100

Baik     : apabila memperoleh skor 71-85

Cukup : apabila memperoleh skor 61- 70

Kurang            : apabila memperoleh skor kurang dari 60

 

  

Penilaian Keterampilan Peserta Didik

 

Nama Satuan Pendidikan : 

Tema 8                             : Bumiku

Subtema1                        : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya

Pembelajaran ke-             : 1

Mata Pelajaran                 : IPA dan Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester               : VI/ II

Alokasi Waktu                : 1 x Pertemuan

 

IPA KD 3.8

TES PRAKTIK

TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 MUPEL IPA

 Kelas/ Semester

VI/ II

Kurikulum

2013

Kompetensi Dasar

4.8 Membuat model gerhana Bulan dan gerhana Matahari.

Materi

Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari

Indikator

4.8.1 Membuat model/  tiruan terjadinya gerhana bula secara benar.

4.8.2 Membuat model/ tiruan terjadinya  gerhana matahari 

         secara  benar.

 

Lembar Kerja Peserta Didik

A.  Alat dan Bahan

1)   Bola bekel/berukuran kecil

2)   Bola kasti/ plastik berukuran sedang

3)   Lampu senter

B.  Cara Kerja

     Gerhana bulan

1.      Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan ( senter, bola plastic sedang, bola bekel).

2.      Susun ketiga benda tersebut pada permukaan yang datar di sebuah ruang gelap secara tegak lurus dengan posisi bola plastic besar berada diantara senter dan bola bekel.

3.      Nyalakan lampu senter, dan amati proses terjadinya gerhana bulan.

         Gerhana matahari

1.      Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan ( senter, bola kasti, bola bekel).

2.      Susun ketiga benda tersebut pada permukaan yang datar di sebuah ruang gelap secara tegak lurus dengan posisi bola bekel berada diantara senter dan bola kasti.

3.      Nyalakan lampu senter, dan amati proses terjadinya gerhana matahari.

Deskripsikan hasil pengamatanmu!

 

Buatlah prediksi: Apa yang akan terjadi apabila penduduk bumi berada pada bayangan umbra? Dan apa yang akan terjadi apabila penduduk bumi berada pada bayangan panumbra?

 

 

Presentasikan hasil pengamatanmu dalam bentuk video!

 

 

Instrument Tes Praktik

No.

Indikator

Hasil Penilaian

3

(baik)

2

(cukup)

1

(kurang)

1

Menyiapkan alat dan bahan

 

 

 

2

Deskripsi pengamatan

 

 

 

3

Menafsirkan persitiwa yang akan terjadi

 

 

 

4

Melakukan praktik

 

 

 

5

Mempresentasikan hasil praktik

 

 

 

 

Jumlah Skor yang Diperoleh

 

 

Rubrik Penilaian Proyek

No

Indikator

Rubrik

1

Menyiapkan alat dan bahan

3. Menyiapakan seluruh alat dan bahan yang diperlukan

2. Menyaiapkan sebagian alat dan bahan yang diperlukan.

1. Tidak menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan

2

Deskripsi Pengamatan

3. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan secara lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

2. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

1. Tidak memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

3

Menafsirkan peristiwa yang akan terjadi

3. Mampu memberikan penafsiran benar secara substantif.

2. Mampu memberikan penafsiran kurang benar secara substantif.

1. Tidak mampu memberikan penafsiran benar secara substantif.

4

Melakukan praktik

3. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada.

2. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan sebagian prosedur yang ada.

1. Tidak mampu melakukan praktik dengan menggunakan prosedur yang ada.

5

Mempresentasikan

3. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.

2. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri.

1. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.

 

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :  Skor yang diperoleh  x 100  = Skor akhir

                                                                                    Skor Total        

 

No. Absen

Nama Siswa

Penilaian

Nilai

(Skala 100)

Skor Maksimum(15)

Skor yang Diperoleh

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungan nya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah-langkah Dalam Menganalisis Relevansi Buku Guru dan Buku Siswa

LAPORAN SURVEI KEWIRAUSAHAAN TOKO KELONTONG

Sintaks dan Skenario Pembelajaran Metode Membaca dan Menulis Permulaan (MMP)