Featured Post
Contoh Analisis Keterampilan Mengajar, Tujuan Pembelajaran, evaluasi dengan KD (Kompetensi Dasar)
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Hi, sobat. Pada postingan kali ini, kami akan membagikan tentang contoh analisis sebuah video pembeajaran berkaitan dengan delapan keterampilan dasar mengajar.
Perintah tugas:
Amati praktik
pembelajaran pada tayangan video berikut.
Analisislah hal-hal berikut ini!
a. Penerapan 8 keterampilan dasar mengajar berdasarkan
pengamatan saudara lengkap dengan komponennya masing-masing.
b. Pemilihan model, pendekatan, strategi maupun metode
yang digunakan pada praktik pembelajaran tersebut.
c. Kelebihan dan kekurangan dari praktik pembelajaran
tersebut dilihat dari berbagai sudut pandang yang bisa saudara amati.
d. Kesesuaian Media dan Materi dengan KD
e. Kesesuaian Evaluasi dan KD
f. Kesesuaian Tujuan Pembelajaran
Keterampilan
Bertanya |
Guru
telah menunjukkan keterampilan bertanya dasar dan lanjutan. 1)
Keterampilan bertanya dasar ·
Guru selalu mengungkapkan pertanyaan secara jelas dan singkat sehingga mmudah dipahami siswa.
Contoh: Bu guru pegang apa ini? ·
Guru memberikan tuntunan
salahsatunya sebagai berikut. Tadi
kita sudah menyebutkan angka berapa yang pertama anak- anak? Siswa
terdiam. Lalu dituntun guru dengan mengucapkan Se….. Siswapun dapat
menjawabnya (Sebelas). ·
Guru telah memberikan waktu berpikir kepada siswa ketika
memberikan pertanyaan. Tercermin pada
Hitungan ketiga dimulai.Yang belum tidak apa- apa, dilajutkan dulu. ·
Selain itu, guru juga dalam bertanya sudah memberikan acuan. 2)
Keterampilan bertanya lanjutan ·
Guru telah menunjukkan keterampilan bertanya lanjutan
berupa penggunaan pertanyaan pelacak
yaitu meminta siswa memberikan alasan terkait jawaban yang diberikan. ·
Komponen keterampilann bertanya lain yang sudah
diaplikasikan guru yaitu sebagai berikut.
perubahan tuntutan kognitif dalam menjawab pertanyaan,
pengaturan urutan pertanyaan, dan peningkatan terjadinya interaksi antara
guru dan siswa |
Keterampilan
Memberi Penguatan |
Guru telah
mengaplikasikan keterampilan dasar dalam memberikan penguatan baik itu
penguatan secara verbal melalui kata-kata seperti kata bagus dan pintar. Lalu
untuk penguatan dalam bentuk nonverbal yaitu melalui
tepuk tangan dan memberikan sentuhan. |
Keterampilan
Mengadakan Variasi |
Guru
telah memenuhi keterampilan mengadakan variasi pada setiap komponen sebagai
berikut. ·
Variasi dalam gaya mengajar meliputii variasi suara,
pemusatan perhatian, kesenyapan, pergantian posisi guru, kontrak pandang
serta gerak badan dan mimic. ·
Variasi pola interaksi dan kegiatan belum terlihat karena
guru hanya menggunakan pola interaksi kegiatan kelompok dan perseorangan. Sedangkan untuk kegiatan klasikal dan
berpasangan belum ter.lihat. ·
Variasi penggunaan alat bantu pengajaran hanya terbatas
pada alat bantu yang dapat dilihat (kartu
kata) dan diraba (stik es krim). Untuk alat
bantu yang dapat
didengar belum ada. |
Keterampilan
Menjelaskan |
Guru
sudah mengaplikasikan keterampilan menjelaskan dalam komponen merencanakan materi penjelasan maupun menyajikan
penjelasan yang diberikan pada awal, tengah,dan akhir pelajaran. |
Keterampilam
Membuka dan Menutup Pembelajaran |
Guru
telah mrngaplikasikan keterampilan membuka pelajaran meliputi komponen dapat
menarik perhatian siswa, menimbulkan motivasi, memberi acuan, dan juga
membuat kaitan. Guru telah mengaplikasikan keterampilan menutup pelajaran
diantaranya sudah meninjau melaksanakan evaluasi. |
Keterampilan
Membimbing Diskusi Kelompok Kecil |
Guru telah
menguasi keterampilan diskusi kelompok kecil baik itu dalam memusatkab
perhatian, memperjelas masalah, menganalisis pandangan siswa, dan
menutup diskusi. |
Keterampilan
Mengelola Kelas |
Guru
sudah menunjukkan keterampilan pengelolaan kelas
dalam menciptakan iklim kelas yang kondusif sehingga pembelajaran terjadi
secara efektif. |
Keterampilan
Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan |
Guru sudah
menunjukan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan tercermin
dalam komponen membimbing dan memudahkan belajar dan merencanakan
serta melakukan kegiatab pembelajaran. |
b) Analisis model, pendekatan, strategi maupun metode yang digunakan pada praktik pembelajaran
Model
Pembelajaran |
Model
Pembelajaran Berbasis Masalah(PBL) Terlihat dari
sintaks yang digunakan oleh guru sebagai berikut. ·
Orientasi siswa kepada masalah ·
Mengorganisasika n siswa untuk belajar melalui pembagian kelompok ·
Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok ·
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
Strategi
Pembelajaran |
Student
Centered Learning |
Metode
Pembelajaran |
Penugasan,
Tanya Jawab, dan Diskusi |
Kelebihan |
·
Guru sudah melaksanakan praktik pembelajaran dengan sangat
baik. ·
Kegiatan pembelajaran berlangsung menyenangkan dan mampu
memotivasi siswadalam belajar. Apalagi terdapat kegiatan pembelajaran yang
dilakukan di luar ruang kelas. ·
Media pembelajaran yang digunakan menarik dan variatif terlihat dari setiap mupel
yang dipelajari menggunakan model pembelajaran tersendiri. ·
Keterampilan dasar guru dalam mengajar sudah sangat baik. ·
Guru sudah berpenampilan rapi dan sopan. ·
Guru mampu menciptakan kondisisuasana yang kondusif saat
pelaksanaan pembelajaran berlangsung. ·
Guru mampu menguasai
materi yang diajarkan di kelas |
Kekurangan |
·
Jika ditinjau dari sintaks model pembelajaran masih ada
aspek yang belum disampaikan oleh guru. Salahsatunya adalah orientasi siswa
kepada masalah melalui peran guru
dalam menjelaskan tujuan pembelajaran. ·
Pada kegiatan penutup belum ada kegiatan refleksi dan juga tindak lanjut pembelajaran ·
Sumber belajar terbatas pada buku guru dan siswa, seharusnya
dikembangan bahan dan sumber belajar yang inovatif . |
Menurut saya berdasarkan analisis kesesuaian media, maka media yang digunakan oleh guru dalam melakukan simulasi sudah sesuai. Misalnya penggunaan media video pembelajaran . Hal ini dikarenakan video merupakan kombinasi secara visual maupun audio sehingga menarik siswa mengikuti pembelajaran. Hal tersebut didukung oleh aspek yang sudah memenuhi misalnya penggunaan media yang sesuai dengan kompetensi dasar. Menurut pendapat saya, berdasarkan analisis materi dengan KD sudah sangat sesuai mencakup pada semua KD yang sudah dituliskan. Baik itu kesesuian pada Mupel IPA maupun Bahasa Indonesia.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa sudah ada kesesuaian antara media dan materi dengan KD.
e) Kesesuaian evaluasi dan KD.
Menurut pendapat saya, jika dianalisis maka kegiatan evaluasi sudah sesuai dengan KD bersangkutan. Instrumen evaluasi yang dikembangkan oleh guru sudah dapata menentukan sejauh mana pencapaian hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan setiap kegiatan evaluasi memerlukan suatu kriteria tertentu sebagai acuan dalam menentukan batas ketercapaian hasil belajar. Ditambah lagi penggunaan aplikasi seperti kahoot dapat menambah kemandirian siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa.
f) Analisis penulisan tujuan pembelajaran
Dalam RPP masih terdapat kekurangan dalam penulisan tujuan pembelajaran.
1) Perumusan tujuan pembelajaran hendaknya dirumuskan dengan ABCD. Namun pada tujuan pembelajaran 1-7 belum memuat semua unsur yaitu audience, behavior, condition, degree.
Contohnya:
Dengan membaca teks bacaan Edo dan Pak Rudi, siswa dapat menentukan pokok pikiran yang ada dalam setiap paragraf.
Pada tujuan belum termuat degree misalnya dengan tepat, dengan benar ataupun dengan mandiri .
Contoh lainnya :
Setelah berdiskusi, siswa dapat membuat alat peraga gerak sederhana dengan tepat. Walaupun keempat aspek sudah tersedia. Namun condition (keadaan) belum jelas. Hal ini seharusnya dilengkapi juga dengan keterangan bahwa diskusi yang dilakukan tentang apa.
2) Integrasi berupa kecakapan yang dibutuhkan di abad 21 seperti HOTS dan TPACK belum dituliskan seecara maksimal.
Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan pengertian dan cara menentukan ide pokok dengan percaya diri.
Menurut pendapat saya kegiatan menyebutkan bukanlah masuk dalam kriteria HOTS. Sebab jika didasarkan pada taksonomi bloom merupakan kriteria C1- Pengetahuan sebagai salah satu indikator LOTS.
Semoga postingan ini dapat membantu sobat mengerjakan tugas. Mudah-mudahan informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar