Featured Post
OUTLINE RISET PENDEKATAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF PKN SD
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
OUTLINE RISET PENDEKATAN KUALITATIF PKN SD
Hi, sobat. Berikut
kami lampirkan penyelesaian tugas untuk memenuhi mata kuliah Kapita Selekta PKN
SD bagi Mahasiswa PGSD. Di pertemuan kali ini akan membahas tentang contoh
outline riset pendekatan kualitatif tentang permasalahan PKN di Pendidikan
Dasar.
Outline riset
Pendekatan Kualitatif PKN SD dapat teman- teman jadikan sebagai referensi dalam
mengerjakan tugas. Outline riset
Pendekatan Kualitatif PKN SD akan
dikupas secara tuntas sampai detailnya.
A. Pengertian Outline
Menurut bahasa arti outline yaitu
kerangka atau garis besar. Jadi dapat diketahui bahwa outline adalah kerangka
yang disusun berupa rencana penulisan tentang ide-ide untuk mendukung suatu karya
tulis.
Melalui pembuatan outline maka akan
bermanfaat dalam memperluas jalan untuk
menyelesaikan karya tulis , sebagai panduan dalam membuat alur gagasan karya
tulis, dan juga membantu penulis dalam membuat tulisan yang jelas dan
terperinci dikarenakan setiap ide tersusun secara sistematis.
B. Sistematika Outline
Sistematika outline memiliki struktur
yang berbeda-beda tergantung pada jenis outline yang akan dibuat. Selain itu
juga disusun berdasarkan kaidah yang dikehendaki oleh setiap lembaga atau institusi
pendidikan. Untuk outline terkait dengan riset pendekatan kualitatif PKN SD
akan dibuat secara ringkas meliputi tujuh poin yaitu topik, deskripsi
permasalahan, judul, rumusan masalah, kajian pustaka, metode penelitian, dan
daftar pustaka.
C. Riset Pendekatan Kualitatif PKN SD
Riset pendekatan kualitatif PKN SD
merupakan salah satu jenis dari model riset PKN SD di samping model riset PKN
SD dengan pendekatan kuantitatif dan juga model riset PKN SD dengan pendekatan
pengembangan. Model riset PKN SD dengan pendekatan kualitatif memiliki berbagai
bentuk diantaranya yaitu model survey,studi kasus, fenomenologi, naratif, etnografi
ataupun grounded.
D. Topik
Adapun topik-topik permasalahan yang
dapat diangkat dalam sebuah riset dengan pendekatan kualitatif PKN di pendidikan
dasar yaitu sebagai berikut.
1. Muatan
materi PKN SD
2. Pendekatan
PKN SD
3. Model
PKN SD
4. Metode
PKN SD
5. Teknik
pembelajaran PKN SD
6. Model
penilaian pembelajaran
E. Contoh Outline riset Pendekatan Kualitatif PKN
SD
OUTLINE RISET PENDEKATAN KUALITATIF
A.
Topik :
Model Penilaian Pembelajaran PKN SD
B.
Deskripsi
Permasalahan :
Dalam
kurikulum 2013 penilaian
yang digunakan guru merupakan penilaian
autentik. Penilaian autentik adalah penilaian yang dilakukan secara
komprehensif yang tidak hanya menuntut pada hasil tetapi juga proses
pembelajaran.
1. Permasalahan penilaian pembelajaran PKN di sekolah dasar yang cenderung
mengarah pada aspek kognitif saja.
2. Permasalahan
model penilaian pembelajaran PKN SD yang dilakukan secara terpisah pada setiap
muatan pelajaran walaupun pembelajarannya dilaksanakan secara tematik terpadu.
C.
Judul :
Penilaian Autentik dalam
Pembelajaran PKN SD di Gugus Diponegoro Kecamatan Gunungwungkal
D.
Rumusan
Masalah :
1.
Apa
saja permasalahan penilaian autentik yang dihadapi guru pada pelaksanaan
penilaian pembelajaran PKn di Sekolah Dasar?
2.
Mengapa
permasalahan penilaian autentik yang dihadapi guru pada pelaksanaan penilaian pembelajaran
PKn di Sekolah Dasar dapat terjadi?
3.
Apa
saja tindakan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan penilaian autentik yang
dihadapi guru pada pelaksanaan penilaian pembelajaran PKn di Sekolah Dasar?
E.
Kajian
Pustaka :
1.
Hakikat Penilaian Autentik
Penilaian autentik merupakan
penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan
(input), proses, dan keluaran (output) pembelajaran.
2.
Pembelajaran PKN SD
Pengertian Pendidikan
Kewarganegaraan, Pengertian Pembelajaran PKN SD, Tujuan Pembelajaran
Pembelajaran PKN SD.
3. Penilaian Autentik dalam Pembelajaran PKN SDPPKn merupakan salahsatu muatan pelajaran pokok yang harus ditempuh
oleh siswa sekolah dasar (SD). Tujuan utama mata pelajaran PKn di SD yaitu
memfokuskan padapembentukan warga negara Indonesia yang
cerdas, terampil, dan berkarakter.Salah satu kunci penting dalam pencapaian
tujuan pembelajaran PKn adalah guru. Guru dituntut untuk mengembangkan
penilaian sesuai standar kurikulum 2013 untuk mencapai tujuan pembelajaran.
F.
Metode
Penelitian :
Jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan metode studi kasus.
G.
Daftar Pustaka : Sebutkan
OUTLINE RISET PENDEKATAN KUANTITATIF
A.
Topik :
Model Pembelajaran PKN SD
B.
Deskripsi
Permasalahan :
Untuk meningkatkan proses pembelajaran di sekolah, guru
dituntut harus mampu merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang
inovatif. Kebutuhan-kebutuhan inovasi terhadap model, metode, media, maupun komponen
lain yang terkait dengan pembelajaran menjadi tantangan dan kebutuhan bagi
setiap pendidik.Oleh karena itu dalam mendesain kegiatan pembelajaran yang
optimal diperlukan kecermatan guru memilih dan menerapkan serta menyusun model pembelajaran.
Salah satunya dengan menerapkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning
(CTL).
1. Guru
kesulitan dalam memilih dan mengimplementasikan model pembelajaran yang sesuai
diajarkan pada pembelajaran PKn.
2. Motivasi
siswa dalam belajar PKn masih kurang karena pembelajaran terkesan monoton.
C.
Judul :
Keefektifan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dalam
Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mupel PKn
D.
Batasan
Masalah :
Peneliti membatasi masalah terkait kurangnya
pengoptimalan penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif. Melalui
pemanfaatan model pembelajaran Contextual
Teaching and Learning pada Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1
Peristiwa Organ Gerak Hewan Pembelajaran 2 untuk mengoptimalkan pembelajaran
dan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKN.
E.
Rumusan
Masalah :
1. Apakah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning efektif meningkatkan Minat Dan
Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mupel PKn?
F.
Kajian
Pustaka :
1.
Hasil Belajar
a. Pengertian
hasil belajar
Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang terjadi
berupa afektif, kognitif dan psikomotorik setelah siswa mengalami proses
pembelajaran, sehingga diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan.
b. Macam
Hasil belajar
Hasil belajar siswa dibedakan menjadi tiga bidang,
yaitu: (1) bidang kognitif, (2) bidang afektif, (3) bidang psikomotor.
2.
Pengertian Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning
Model pembelajaran merupakan suatu rencana yang
dimanfaatkan dalam pembuatan kurikulum, menyusun rancangan bahan untuk proses
pembelajaran maupun membimbing proses pembelajaran di kelas (Joyce & Weil
dalam Rusman, 2012:133). Model pembelajaran yaitu pola umum dari perilaku dalam
kegiatan pembelajaran yang disusun secara sistematis dalam rangka pencapaian
tujuan belajar yang efektif dan optimal.
a. Model
Pembelajaran Contextual Teaching and
Learning
Johnson (2014: 14) menjelaskan bahwa Contextual
Teaching and Learning adalah sistem pembelajaran yang didasarkan pada filosofi
berikut: siswa dapat memperoleh makna dalam materi akademik yang diterima,
siswa dapat memperoleh makna dari tugas-tugas sekolah, kemudian siswa dapat
mengkaitkan informasi atau materi baru dengan pengalaman dan pengetahuan yang
sudah dimiliki. Pembelajaran CTL adalah keterkaitan antara setiap materi
pelajaran dan kehidupan nyata dengan mengasosiasikan informasi atau pengetahuan
baru dengan pengetahuan dan pengalaman nyata yang sudah ada sebelumnya.
b. Sintaks
Model Pembelajaran Contextual Teaching
and Learning
Menurut Aqib (2015:7-8) dalam pelaksanaannya model
pembelajaran CTL terdapat tujuh prinsip utama yang terlibat di dalamnya, yaitu:
(1) Constructivism (Konstruktivisme), (2) Inquiry, (3) Questioning (bertanya)
Questioning, (4) Learning Community (Komunitas belajar), (5) Modeling (permodelan),
(6) Reflection (Refleksi), (7) Authentic Assesment (Penilaian yang sebenarnya)
c. Kelebihan
dan Kekurangan Model Pembelajaran Contextual
Teaching and Learning
3.
Pembelajaran PKN SD
a.
Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan
b.
Pengertian Pembelajaran PKN SD
c.
Tujuan Pembelajaran Pembelajaran PKN SD
4.
Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran PKN SD
Pendekatan CTL merupakan suatu konsep pembelajaran
yang dapat membantu guru menghubungkan materi pembelajaran dengan kondisi siswa
yang sebenarnya, dan mendorong siswa untuk menjalin hubungan antara
pengetahuannya dengan penerapan nya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan
model pembelajaran tidak hanya melibatkan keterampilan untuk memberikan
pengetahuan teoritis, tetapi juga bagaimana memungkinkan siswa memperoleh
pengalaman belajar juga berkaitan dengan masalah aktual yang muncul di
lingkungan sekitarnya. Untuk menjembatani hal ini, pembelajaran PKN dengan
model pembelajaran CTL kemudian dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
G.
Metode
Penelitian :
Jenis penelitian kuantitatif dengan
bentuk Penelitian menggunakan jenis penelitian eksperimen. Metode penelitian
eksperimen adalah metode yang digunakan untuk mencari pengaruh treatment
(perlakuan) tertentu.
H.
Daftar
Pustaka : Sebutkan
Semoga postingan ini dapat membantu sobat mengerjakan
tugas. Mudah-mudahan
informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas
kunjungannya.
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar