Featured Post

BERLITERASI DIGITAL AGAR BIJAK MENGHADAPI MODUS KEJAHATAN SIBER PERBANKAN

Gambar
Perkembangan teknologi telah merambah ke hampir semua sektor kehidupan masyarakat. Tentunya membawa dampak besar bagi masyarakat Indonesia. Perubahan ini terlihat dari peningkatan kemampuan masyarakat dalam mengakses informasi melalui media yang lebih beragam dari sebelumnya. Berbagai isu dan kasus seputar masyarakat digital semakin banyak muncul dan memperkuat pengaruh-pengaruh nyata dari revolusi digital bagi kehidupan sehari- hari. Kehadiran teknologi tidak hanya menghasilkan efisiensi, tetapi juga menyuguhkan ancaman bagi umat manusia. Kemunculan istilah siber mengarah pada keamanan global atas teknologi digital. Hampir setiap aspek kehidupan manusia dan instalasi penting pemerintah sekarang terdigitalisasi, sehingga jangkauan serangan siber menjadi lebih luas. Hal ini menunjukkan bahwa serangan siber dapat menyebabkan baik kerusakan fisik maupun nonfisik dalam skala besar. Terdapat empat pilar dalam literasi digital versi Kominfo yaitu cakap digital, etika digital, budaya digita

CONTOH JURNAL MENGAJAR DAN KASUS PELAKSANAAN PRAKTIK MENGAJAR LENGKAP BESERTA PENYELESAIANNYA

 Hi teman-teman.Kembali lagi pada postingan Contoh Jurnal Mengajar dan Kasus Pelaksanaan Praktik Mengajar Lengkap Beserta Penyelesaiannya. Biasanya jurnal mengajar ini dibuat oleh guru ataupun calon guru. Seperti kami yang sedang berada pada semester 6 diminta untuk mengisi daftar jurnal mengajar dan kasus pelaksanaan praktik mengajar lengkap beserta penyelesaiannya. Dilatarbelakangi setelah melaksanakan praktik mengajar, jurnal tersebut bermanfaat sebagai tindak lanjut. Selain itu jurnal mengajar ini juga dibutuhkan bagi mahasiswa PPG.

 

CONTOH JURNAL MENGAJAR DAN KASUS PELAKSANAAN PRAKTIK MENGAJAR LENGKAP BESERTA PENYELESAIANNYA DAFTAR PENYELESAIAN KASUS PELAKSANAAN PRAKTIK MENGAJAR

Pada hakikatnya peran guru tidak hanya sebatas pada menyampaikan materi kepada siswa, akan tetapi juga memiliki tugas dalam hal administrasi diantaranya yaitu membuat jurnal mengajar. Contoh Jurnal Mengajar dan Kasus Pelaksanaan Praktik Mengajar adalah salah satu bentuk tugas guru dalam hal memberikan catatan terhadap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, dalam hal ini masalah dan upaya yang ijadikan sebagai informasi terkait proses pembelajaran agar kedepannya berjalan dengan lebih baik.

Berikut Contoh Jurnal Mengajar dan Kasus Pelaksanaan Praktik Mengajar Lengkap Beserta Penyelesaiannya yang dapat teman- teman gunakan sebagai referensi mengerjakan tugas.

JURNAL MENGAJAR DAN KASUS PELAKSANAAN PRAKTIK MENGAJAR

Tanggal                                     : 7 November 2021

Tempat                                      : Rumah masing- masing

Bentuk                                      : Daring

Waktu                                       : 20.00- 20.30               

Kompetensi Dasar                    : 3.4 Memahami (C2) makna bersatu dalam

                                                         keberagaman di sekolah

                                                    4.4 Menceritakan (P3) pengalaman melakukan

                                                          kegiatan yang mencerminkan persatuan dalam

                                                          keberagaman di sekolah.

 

Indikator            

3.4.1 Menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah. (C2)

3.4.2 Membandingkan sikap yang mencerminkan dan tidak mencerminka persatuan dalam keberagaman.  (C5)

4.4.1 Membuat karya kegiatan yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman di sekolah. (P5)

Jumlah Peserta Didik Hadir     : 7

 

No.

Kendala yang Terjadi

Ketidaksesuaian antara Rencana dengan Pelaksanaan

Kasus/Permasalahan yang Timbul

1.

Gangguan Koneksi Internet

Menghambat proses pembelajaran

-       Siswa yang keluar masuk room zoom karena terganggu koneksinya akan terhambat dalam mengikuti pembelajaran.

-       Terjadi delay ketika guru meminta respon siswa saat kegiatan tanya jawab.

2.

Salah satu siswa tidak dapat hadir mengikuti kegiatan pembelajaran secara daring

Seharusnya siswa yang telah ditetapkan dapat hadir sesuai dengan persiapan yang telah dilakukan

Proses pembelajaran terjadi kurang maksimal terdapat salah satu skenario pembelajaran yang tidak sesuai dengan perencanaan karena ketidakhadiran siswa.

3.

Waktu pelaksanaan

Seharusnya sesuai waktu yang telah disepakati

Siswa tidak hadir tepat waktu ketika mengikuti proses pembelajaran

4.

Laptop

Ketika sharescreen laptop ngeblank tidak dapat melanjutkan ke slide selanjutnya

Laptop tiba- tiba tidak dapat berfungsi

5

Kesulitan dalam memberikan kegiatan berkelompok selama pembelajaran

Tidak terdapat kegiatan kerja kelompok

Kurangnya keterampilan dalam membimbing diskusi

6

Tidak menambahkan kegiatan untuk menumbuhkan karakter nasionalis

Tidak terdapat kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya

Siswa tidak memperoleh kegiatan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme

7

Hasil evaluasi tidak dapat segera diketahui oleh guru ketika proses pembelajaran berlangsung

Keterbatasan waktu mengajar

Guru lebih memerlukan banyak waktu agar siswa yang tidak tutas dapat segera diberikan remedial. Sedangkan siswa yang tuntas diberikan pengayaan.


Setelah dilakukan evaluasi mendalam terkait pembelajaran yang telah dilakukan. Maka diperlukan upaya perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan guru. Maka berikut ini daftar Penyelesaian Kasus Pelaksanaan Praktik Mengajar yang dapat digunakan sebagai sumber acuan.

DAFTAR PENYELESAIAN KASUS PELAKSANAAN PRAKTIK MENGAJAR

No.

Kasus yang Ditemukan *)

Faktor Penyebab

Alternatif Solusi/Tindakan

1.

-       Siswa yang keluar masuk room zoom karena terganggu koneksinya akan terhambat dalam mengikuti pembelajaran.

-       Terjadi delay ketika guru meminta respon siswa saat kegiatan tanya jawab.

Terganggunya koneksi internet siswa

Melakukan pengecekan terhadap siswa untuk mempersiapkan dan memastikan kuota internet tersedia dengan baik atau memilih tempat yang kuat sinyalnya.

2.

Proses pembelajaran terjadi kurang maksimal terdapat salah satu skenario pembelajaran yang tidak sesuai dengan perencanaan karena ketidakhadiran siswa.

Siswa yang tidak hadir dalam kegiatan pembelajaran

Membuat kesepakatan dengan siswa sebelum pelaksanaan pembelajaran untuk mengonfirmasi ketidakhadirannya.

3.

Siswa tidak tepat waktu ketika mengikuti proses pembelajaran

Jadwal pembelajaran yang kurang sistematis

Seharunya membuat kesepakatan terlebih dahulu dengan siswa agar hadir tepat waktu

4.

Laptop tiba- tiba tidak dapat berfungsi

Kendala pada laptop yang digunakan

Menyiapkan laptop dengan baik dan tidak membuka banyak aplikasi pada waktu yang bersamaan

5.

Kurangnya keterampilan dalam membimbing diskusi

Guru kesulitan mengaplikasikan kegiatan diksusi secara daring pada siswa

Walaupun kerja kelompok lebih sulit dilaksanakan secara daring karena siswa tidak dapat  bertatap muka. Maka alternatif yang dapat digunakan adalah guru memberikan pembatasan jumlah kelompok karena kondisi masih pandemic dngan jumalah sekitar 2-3 orang yang rumahnya dekat berupa tugas rumah.

Memberikan jangka waktu penyelesaian yang cukup dan tidak memberatkan.

Memantau pekerjaan/tugas kerja tim/kelompok dengan memanfaatkan aplikasi manajemen proyek seperti Asana, Trello, Taiga.io, Zoho Project, Meister Task, Wrike, dan lain- lain untuk memonitor perkembangannya.

6.

Siswa tidak memperoleh kegiatan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme

Guru lupa menyanyikan lagu semangat nasionalisme

Guru harus menanamkan sikap nasionalisme siswa dengan  menyanyikan lagu wajib nasional ketika kagiatan pendahuluan dan lagu nasional/ daerah ketika kegiatan penutup.

7.

Guru lebih memerlukan banyak waktu mencocokkan jawaban agar siswa yang tidak tutas dapat segera diberikan remedial. Sedangkan siswa yang tuntas diberikan pengayaan.

Keterbatasan waktu mengajar

Seharusnya hasil kerja siswa segera dikoreksi agar umpan balik berupa remedial dan pengayaan dapat diperoleh siswa sehingga tidak menghambat penyampaian materi selanjutnya.



Itu tadi informasi yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat dan membantu teman- teman dalam menyelesaikan tugas sebagai bahan refleksi kegiatan simulasi pembelajaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah-langkah Dalam Menganalisis Relevansi Buku Guru dan Buku Siswa

LAPORAN SURVEI KEWIRAUSAHAAN TOKO KELONTONG

Sintaks dan Skenario Pembelajaran Metode Membaca dan Menulis Permulaan (MMP)