Featured Post
CONTOH JURNAL MENGAJAR DAN KASUS PELAKSANAAN PRAKTIK MENGAJAR LENGKAP BESERTA PENYELESAIANNYA
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Hi teman-teman.Kembali lagi pada postingan Contoh Jurnal Mengajar dan Kasus Pelaksanaan Praktik Mengajar Lengkap Beserta Penyelesaiannya. Biasanya jurnal mengajar ini dibuat oleh guru ataupun calon guru. Seperti kami yang sedang berada pada semester 6 diminta untuk mengisi daftar jurnal mengajar dan kasus pelaksanaan praktik mengajar lengkap beserta penyelesaiannya. Dilatarbelakangi setelah melaksanakan praktik mengajar, jurnal tersebut bermanfaat sebagai tindak lanjut. Selain itu jurnal mengajar ini juga dibutuhkan bagi mahasiswa PPG.
Pada hakikatnya
peran guru tidak hanya sebatas pada menyampaikan materi kepada siswa, akan
tetapi juga memiliki tugas dalam hal administrasi diantaranya yaitu membuat
jurnal mengajar. Contoh Jurnal Mengajar dan Kasus Pelaksanaan
Praktik Mengajar adalah salah satu bentuk tugas guru
dalam hal memberikan catatan terhadap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan,
dalam hal ini masalah dan upaya yang ijadikan sebagai informasi terkait proses
pembelajaran agar kedepannya berjalan dengan lebih baik.
Berikut Contoh Jurnal
Mengajar dan Kasus Pelaksanaan Praktik Mengajar Lengkap Beserta Penyelesaiannya
yang dapat teman- teman gunakan sebagai referensi mengerjakan tugas.
JURNAL MENGAJAR DAN KASUS
PELAKSANAAN PRAKTIK MENGAJAR
Tanggal : 7 November 2021
Tempat : Rumah masing- masing
Bentuk : Daring
Waktu : 20.00- 20.30
Kompetensi
Dasar : 3.4 Memahami (C2) makna bersatu
dalam
keberagaman di sekolah
4.4 Menceritakan (P3)
pengalaman melakukan
kegiatan yang
mencerminkan persatuan dalam
keberagaman di
sekolah.
Indikator
3.4.1 Menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah. (C2)
3.4.2 Membandingkan sikap yang mencerminkan dan tidak mencerminka persatuan dalam keberagaman. (C5)
4.4.1 Membuat karya kegiatan yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman di sekolah. (P5)
Jumlah Peserta Didik Hadir : 7
No. |
Kendala yang
Terjadi |
Ketidaksesuaian
antara Rencana dengan Pelaksanaan |
Kasus/Permasalahan
yang Timbul |
1. |
Gangguan
Koneksi Internet |
Menghambat proses pembelajaran |
- Siswa
yang keluar masuk room zoom karena terganggu koneksinya akan terhambat dalam
mengikuti pembelajaran. - Terjadi
delay ketika guru meminta respon siswa saat kegiatan tanya jawab. |
2. |
Salah
satu siswa tidak dapat hadir mengikuti kegiatan pembelajaran secara daring |
Seharusnya
siswa yang telah ditetapkan dapat hadir sesuai dengan persiapan yang telah
dilakukan |
Proses
pembelajaran terjadi kurang maksimal terdapat salah satu skenario
pembelajaran yang tidak sesuai dengan perencanaan karena ketidakhadiran
siswa. |
3. |
Waktu
pelaksanaan |
Seharusnya
sesuai waktu yang telah disepakati |
Siswa
tidak hadir tepat waktu ketika mengikuti proses pembelajaran |
4. |
Laptop |
Ketika
sharescreen laptop ngeblank tidak dapat melanjutkan ke slide selanjutnya |
Laptop
tiba- tiba tidak dapat berfungsi |
5 |
Kesulitan
dalam memberikan kegiatan berkelompok selama pembelajaran |
Tidak
terdapat kegiatan kerja kelompok |
Kurangnya
keterampilan dalam membimbing diskusi |
6 |
Tidak
menambahkan kegiatan untuk menumbuhkan karakter nasionalis |
Tidak
terdapat kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya |
Siswa
tidak memperoleh kegiatan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme |
7 |
Hasil
evaluasi tidak dapat segera diketahui oleh guru ketika proses pembelajaran
berlangsung |
Keterbatasan
waktu mengajar |
Guru
lebih memerlukan banyak waktu agar siswa yang tidak tutas dapat segera
diberikan remedial. Sedangkan siswa yang tuntas diberikan pengayaan. |
Setelah dilakukan evaluasi mendalam terkait pembelajaran yang telah dilakukan. Maka diperlukan upaya perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan guru. Maka berikut ini daftar Penyelesaian Kasus Pelaksanaan Praktik Mengajar yang dapat digunakan sebagai sumber acuan.
DAFTAR PENYELESAIAN KASUS PELAKSANAAN PRAKTIK
MENGAJAR
No. |
Kasus yang Ditemukan *) |
Faktor Penyebab |
Alternatif Solusi/Tindakan |
1. |
- Siswa
yang keluar masuk room zoom karena terganggu koneksinya akan terhambat dalam
mengikuti pembelajaran. - Terjadi
delay ketika guru meminta respon siswa saat kegiatan tanya jawab. |
Terganggunya
koneksi internet siswa |
Melakukan pengecekan
terhadap siswa untuk mempersiapkan dan memastikan kuota internet tersedia
dengan baik atau memilih tempat yang kuat sinyalnya. |
2. |
Proses
pembelajaran terjadi kurang maksimal terdapat salah satu skenario
pembelajaran yang tidak sesuai dengan perencanaan karena ketidakhadiran
siswa. |
Siswa
yang tidak hadir dalam kegiatan pembelajaran |
Membuat
kesepakatan dengan siswa sebelum pelaksanaan pembelajaran untuk mengonfirmasi
ketidakhadirannya. |
3. |
Siswa
tidak tepat waktu ketika mengikuti proses pembelajaran |
Jadwal
pembelajaran yang kurang sistematis |
Seharunya
membuat kesepakatan terlebih dahulu dengan siswa agar hadir tepat waktu |
4. |
Laptop
tiba- tiba tidak dapat berfungsi |
Kendala
pada laptop yang digunakan |
Menyiapkan
laptop dengan baik dan tidak membuka banyak aplikasi pada waktu yang
bersamaan |
5. |
Kurangnya
keterampilan dalam membimbing diskusi |
Guru
kesulitan mengaplikasikan kegiatan diksusi secara daring pada siswa |
Walaupun
kerja kelompok lebih sulit dilaksanakan secara daring karena siswa tidak
dapat bertatap muka. Maka alternatif
yang dapat digunakan adalah guru memberikan pembatasan jumlah kelompok karena
kondisi masih pandemic dngan jumalah sekitar 2-3 orang yang rumahnya dekat
berupa tugas rumah. Memberikan
jangka waktu penyelesaian yang cukup dan tidak memberatkan. Memantau pekerjaan/tugas kerja tim/kelompok dengan memanfaatkan aplikasi manajemen proyek seperti Asana, Trello, Taiga.io, Zoho Project, Meister Task, Wrike, dan lain- lain untuk memonitor perkembangannya. |
6. |
Siswa
tidak memperoleh kegiatan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme |
Guru
lupa menyanyikan lagu semangat nasionalisme |
Guru
harus menanamkan sikap nasionalisme siswa dengan menyanyikan lagu wajib nasional ketika
kagiatan pendahuluan dan lagu nasional/ daerah ketika kegiatan penutup. |
7. |
Guru
lebih memerlukan banyak waktu mencocokkan jawaban agar siswa yang tidak tutas
dapat segera diberikan remedial. Sedangkan siswa yang tuntas diberikan
pengayaan. |
Keterbatasan
waktu mengajar |
Seharusnya
hasil kerja siswa segera dikoreksi agar umpan balik berupa remedial dan pengayaan
dapat diperoleh siswa sehingga tidak menghambat penyampaian materi
selanjutnya. |
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar