Postingan

Featured Post

BERLITERASI DIGITAL AGAR BIJAK MENGHADAPI MODUS KEJAHATAN SIBER PERBANKAN

Gambar
Perkembangan teknologi telah merambah ke hampir semua sektor kehidupan masyarakat. Tentunya membawa dampak besar bagi masyarakat Indonesia. Perubahan ini terlihat dari peningkatan kemampuan masyarakat dalam mengakses informasi melalui media yang lebih beragam dari sebelumnya. Berbagai isu dan kasus seputar masyarakat digital semakin banyak muncul dan memperkuat pengaruh-pengaruh nyata dari revolusi digital bagi kehidupan sehari- hari. Kehadiran teknologi tidak hanya menghasilkan efisiensi, tetapi juga menyuguhkan ancaman bagi umat manusia. Kemunculan istilah siber mengarah pada keamanan global atas teknologi digital. Hampir setiap aspek kehidupan manusia dan instalasi penting pemerintah sekarang terdigitalisasi, sehingga jangkauan serangan siber menjadi lebih luas. Hal ini menunjukkan bahwa serangan siber dapat menyebabkan baik kerusakan fisik maupun nonfisik dalam skala besar. Terdapat empat pilar dalam literasi digital versi Kominfo yaitu cakap digital, etika digital, budaya digita

Praktik Kajian Ilmiah Dalam Mata Kuliah Kapita Selekta PKn SD

 Bagi teman--teman yang sedang menyelesaikan mata kuliah Kapita Selekta PKN SD. Tentunya diharapkan pada akhir capaian pembelajaran dapat melaksanakan praktik kajian ilmiah dalam mata kuliah Kapita Selekta PKn SD. Sebab hal ini sudah tertuang dalam RPS yang harus ditempuh. Beberapa dosen akan menghendaki praktik langsung, namun beberapa ada yang hanya menyarankan untuk membuat artikel . Bagi yang melaksanakan praktik langsung ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah Menyusun tema dan subtema, serta membentuk kepanitiaan. Contoh Tema dan Subtema Praktik Kajian Ilmiah Dalam Mata Kuliah Kapita Selekta PKn SD  Tema     : Strategi Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Tantangan Pendidikan Abad 21 Subtema :  Tantangan Guru dalam Menanamkan Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Abad 21 Digitalisasi Media dalam Mendukung Pembelajaran PPKn Abad 21 Menciptakan Budaya Sekolah yang Mendukung Terwujudkan Karakter Siswa Sekolah Dasar Peningkatan Integrasi Nilai- Nilai Kara

MENGANALISIS VIDEO PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

 MENGANALISIS  VIDEO PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL  Berikut adalah contoh analisis video pembelajaran berbasis budaya mencakup belajar dengan budaya, belajar tentang budaya, belajar melalui budaya, dan belajar berbudaya.  A.       Video 1 Judul                     : Video Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Pengupload           : Guru Indonesia Link Youtube       : https://youtu.be/oYarknJ-j2Q Video 1 merupakan pembelajaran berbasis budaya yaitu belajar dengan budaya . Pada video yang telah saya amati terdapat kaitan yang menunjukan bahwa matematika merupakan ilmu yang dianggap sulit dan tidak bermakna namun tanpa disadari matematika banyak dibutuhkan dalam kehidupan. Misalnya seperti pada pokok pembelajaran bilangan asli yaitu berkaitan pada budaya berobat dan pernikahan. a)       Perkalian bilangan asli merupakan bentuk penjumlahan berulang pada budaya berobat 3         X 2 = 2 + 2 + 2 Artinya saat kita membeli obat ke Apotek dan bertuliskan ket

LAPORAN SURVEI KEWIRAUSAHAAN TOKO KELONTONG

Gambar
 LAPORAN SURVEI KEWIRAUSAHAAN TOKO KELONTONG DAFTAR ISI     KATA PENGANTAR ....................................................................................... i DAFTAR ISI ....................................................................................................... ii ABSTRAK .......................................................................................................... iv BAB 1 PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang .......................................................................................... 1 1.2   Visi dan Misi ............................................................................................. 2 1.3   Tujuaan Usaha ........................................................................................... 2 1.4   Manfaat Usaha .......................................................................................... 2 BAB II TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN       2.1 Tempat dan Waktu Pelaksanaan ......................